November 26, 2020

Tips Profesional : Cara Membuat Logo yang Menarik

Dari segi teknis, cara membuat logo yang menarik sebenarnya tidak terlalu sulit. Kemampuan desain grafis rata-rata pun sudah cukup untuk membuat logo. Tingkat kesulitan terbesarnya justru berada pada titik paling awal: kreativitas. Berpikir kreatif sangat penting untuk mendapatkan inspirasi logo yang memiliki daya tarik. Komposisi utama untuk memenangkan lomba desain logo dan bersaing dengan kompetitor bisnis.

Membuat logo yang eye-catching memerlukan kreativitas tinggi. Desainer harus cerdik dalam mengemas makna ke sebidang gambar sederhana semenarik mungkin. Makna, sederhana, dan menarik. Tiga hal besar yang harus ditanamkan dalam sebuah gambar kecil bernama logo.

 

Cara Membuat Logo yang Menarik

  • Visual Double Entendre

Salah satu cara membuat logo yang menarik adalah menggunakan teknik visual double entendre. Teknik ini dilakukan dengan menggabungkan dua buah gambar menjadi satu. Kedengarannya memang sulit. Tapi jika berhasil dilakukan, teknik ini sangat ampuh untuk menarik atensi audiens.

Contohnya pada logo bertuliskan kata ‘freedom’. Anda bisa memotong bagian paling atas huruf m dan meletakkannya dengan sedikit jarak dari bagian bawah. Hasilnya, Anda akan melihat bagian atas huruf m tadi layaknya seekor burung yang sedang terbang. Simbolisasi yang cerdas untuk melambangkan freedom (kebebasan).

 

  • Jangan Mengikuti Tren

Memang terdengar aneh. Ketika banyak orang menyarankan untuk trendy dan up-to-date, kami justru mencegah Anda agar tidak terlalu mengikuti tren. Tapi justru inilah cara membuat logo yang menarik. Logikanya sederhana, logo yang trendy sudah digunakan oleh banyak orang sehingga tidak menarik lagi untuk dilihat.

Anda pasti familiar dengan logo berbentuk lingkaran, warna dasar hitam, teks putih, biasanya dilengkapi dengan tanda silang di tengah lingkaran dan teks bertuliskan ‘est.19nn’. Logo ini sudah sangat banyak digunakan oleh barbershop, kafe, distro, dan tempat-tempat kekinian lainnya.

Kalau Anda juga mengikuti tren ini, logo Anda akan terlihat pasaran dan biasa-biasa saja. Cukup ambil inspirasi dan sisi-sisi positif dari perkembangan tren, lalu ciptakan gaya Anda sendiri dalam membuat logo. Keunikan adalah daya tarik, ciri khas adalah identitas.

 

  • Buat Logo yang Bergerak

Cara membuat logo yang menarik adalah memberikan kesan bergerak ke dalam gambar. Bukan berarti logo harus dibuat dalam format gif. Maksudnya, karakter dalam logo Anda harus terlihat aktif dan bergerak, bukan pasif dan diam.

Twitter menggunakan gambar burung yang sedang terbang. Ini menumbuhkan emosi yang positif secara psikologis. Gambar bergerak lain contohnya laut yang berombak, grafik naik-turun, mobil sedang melaju, dan lain sebagainya. Gaya ini bisa Anda coba untuk membuat logo yang terkesan lebih hidup dan dinamis.

 

Logo yang Menarik adalah Senjata Bisnis

Logo adalah komponen penting dalam bisnis, tampilan visual utama dari sebuah perusahaan. Peran dan fungsi logo hanya bisa terpenuhi jika memiliki daya tarik. Tanpa mendapatkan atensi masyarakat, branding dan promosi tidak akan membuahkan hasil. Atensi itulah yang harus Anda upayakan melalui logo. Triknya: gunakan cara membuat logo yang menarik di atas untuk menghasilkan logo yang unik, eye-catching, bermakna, dan siap berkompetisi.