June 24, 2021

Bagaimana Sih Cara Membuat Server Sendiri?..

Cara Membuat Server Sendiri

Cara Membuat Server Sendiri

Bagaimana sih cara membuat server sendiri? Dalam hal ini, anda dapat membuat server sendiri dengan bentuk yang bervariasi. Dimana ini dimulai dari server game online, webserver atau bahkan juga bisa server hosting yang dapat anda buat sendiri. Pada kali ini, lotte blog akan membagikan tentang beberapa cara yang dapat membantu anda dalam pembuatan server dengan cara yang sendiri. Yuk kita simak pembahasan demi pembahasan berikut ini.

Sewa Hosting Server

Cara membuat server sendiri dari nol akan memakan biaya  yang banyak, dimulai dari biaya beli hingga pada perawatan server yang ada. Banyak orang yang menganggap bahwa cara ini menjadi salah satu cara yang paling mudah utnuk dilakukan oleh semua orang. Bahkan anda tidak perlu mempelajari banyak keahlian dalam pembuatan server sendiri, misalnya belajar tentang trik wordpress, blog dan lain sebagainya.

Server telah diatur oleh para penyedia layanan hosting yang dimana anda hanya perlu mengatur hingga sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan suatu server yang murah dalam hitungan beberapa detik saja.

VPS

Ini sama dengan anda menyewa sebuah komputer virtual yang dapat diakses oleh siapapun dan dari manapun anda berada untuk memakai jaringan internet. Meskipun berupa virtual, komputer server dapat berjalan serta berfungsi dengan normal yang layaknya seperti komputer real.

Tak hanya itu saja, dimana anda juga bisa mendapatkan kemudahan buat upgrade spek dari server virtual kapapun itu sekali klik. VPS memiliki kelebihan, dimana anda dapat berkreasi tanpa adanya batasan hingga dapat membuat server apapun yang diinginkan oleh anda.

Titipkan Server Fisik pada Pusat Data

Bagaimana cara membuat server sendiri? Pusat data menyediakan sebuah jasa yang menawarkan jaminan keamanan, listrik, pendingin hingga akses internet yang online 24 jam dan jaminan tidak pernah mati. Apabila sebuah perusahaan membutuhkan tempat yang aman dalam dedicated servernya sehingga servernya bisa online selama 24 jam, tentu saja pusat data menjadi jawabannya.

Menitipkan server fisik pada pusat data atau diartikan Colocation Server, disini anda dapat menyewa sebuah tempat buat menampung server anda dan memanage nya anda dapat lakukan melalui remot. Dimulai dari aktifkan server yang tanpa menyentuh tombol dan menginstal sistem operasi. Dimana semuanya anda dapat lakukan dengan cara remote, jadi anda tak perlu lagi mengunjungi pusat data.

Sewa Server Fisik pada Pusat Data

Pada umumnya, sudah ada beberapa perusahaan yang telah menyewakan server fisik. Perusahaan tersebut menyewakan servernya yang telah ada di pusat data, anda tak perlu lagi membeli hardware serta membayar sewa tiap bulan pada data center. Anda hanya perlu membayar sewanya pada perusahaan yang menghadirkan layanan ini saja, untuk urusan maintenance anda dapat serahkan pada mereka.