October 24, 2020

Cara Membuat Kemasan Kopi Bubuk Sachet Full Print

Cara Membuat Kemasan Kopi Bubuk Sachet Full Print

Cara Membuat Kemasan Kopi Bubuk Sachet Full Print

Umumnya, kopi dikemas dengan ukuran yang besar terutama kopi khas daerah. Namun, Anda tetap bisa menjual kopi dalam ukuran sachet untuk memuaskan pelanggan yang tidak mau ribet harus mengukur takaran kopinya. Karena hal tersebut, cara membuat kemasan kopi bubuk sachet dengan kemasan full print berikut bisa jadi solusinya.

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah memiliki informasi terkait dengan ukuran kemasan untuk produk kopi bubuk yang Anda miliki. Kemudian, Anda sudah memiliki desain yang akan dicetak di kemasan sachet yang akan dibuat. Jika belum punya desain, Anda bisa meminta bantuan ke jasa desain kemasan makanan untuk dibuatkan desain wadah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Persiapan

Jika Anda sudah memiliki desain, Anda bisa mencetaknya langsung ke stiker bontax. Stiker jenis ini umum digunakan untuk keperluan kemasan produk karena daya rekat yang tinggi. Namun, Anda butuh print dengan tinta khusus agar warna melekat dengan sempurna.

Setelah itu, siapkan plastik metalize. Bahan ini sekilas sama seperti alumunium foil, dan metalize lebih mengkilat dan umumnya digunakan untuk kemasan snack berkadar pati tinggi.

Keunggulan dari metalize mampu melindungi produk dari oksigen, ultraviolet dan udara yang lembab. Selain itu, metalize memiliki harga yang lebih murah dibandingkan aluminium foil sehingga bisa jadi alternative saat budget Anda minim. Sayangnya, daya tahan bahan alumunium foil lebih baik dari metalize untuk melindungi produk yang ada di bagian dalam.

Perekatan

Cara Membuat Kemasan Kopi Bubuk Sachet Full Print
Cara Membuat Kemasan Kopi Bubuk Sachet Full Print

Jika Anda sudah mencetak desainnya, cara membuat kemasan kopi bubuk selanjutnya adalah:

  • Lapisi bagian atas stiker. dengan plastik laminasi glossy sehingga terlihat mengkilat dan kemasan lebih tahan terhadap air. Anda bisa menggunakan mesin laminating untuk memudahkan Anda melakukan laminasi.
  • Potong sesuai dengan ukuran stikernya dan pastikan potongannya rapi.
  • Tempelkan ke metalize.
  • Potong stiker tersebut dengan rapi.
  • Tempelkan kemasan, baik bagian atas ataupun bagian bawah, kemudian press dengan menggunakan sealer untuk 3 sisi kemasan. Sisakan 1 bagian yang terbuka misalnya di bagian sisi atas untuk memasukkan kopi bubuk ke dalam wadah sachet.
  • Sebelum sachet digunakan, pastikan jika kemasan sudah terpasang dengan rekat. Dengan begitu, tidak ada udara yang masuk dan mengkontaminasi kopi bubuk yang akan Anda jual.
  • Jika sudah, Anda dapat memasukkan kopi bubuk yang akan dijual. Pastikan berat antara kopi yang satu dengan yang lainnya sama ya.
  • Kemudian, rekatkan dengan cara di press dengan menggunakan mesin sealer atau hand sealer agar kopi tersimpan dengan baik di kemasan.
  • Setelah selesai, Anda bisa menjualnya atau memasukkan ke box dengan isi 5 sachet per box-nya.

Itulah cara membuat kemasan kopi bubuk sachet full print yang bisa Anda coba untuk bisnis Anda. semoga informasi ini bermanfaat ya untuk Anda.